(Konsep) Perbandingan Pengaruh Pemberian Mikroba dan Antimikroba Yang Dihasilkan Dari Fermentasi Brokoli Untuk Memperpanjang Masa Simpan Ikan

January 23, 2010

Mikroba

Anti Mikroba

Ikan merupakan sumber makanan yang mudah sekali rusak atau terserang bakteri karena memiliki struktur daging yang lebih lembek dari daging ternak, selain itu ikan mengandung banyak air dan memudahkan bakteri untuk menyerang.

Dalam memperpanjang masa simpan ikan biasanya hanya menggunakan suhu rendah. Penggunaan suhu rendah sendiri diklasifikasikan dalam 2 cara yaitu : Pendinginan (chilling) dan Pembekuan (freezing). Akan tetapi apabila hanya menggunakan suhu rendah masih kurang efektif dalam memperpanjang masa simpan, karena masih ada beberapa mikroorganisme yang masih dapat bertahan, walaupun metabolismenya dapat dihambat. Contoh mikroorganisme yang masih dapat bertahan pada suhu rendah adalah : Pseudomonas, Achromobacter, Alkaligenes, Flavor Bacterium.

Oleh karena masalah – masalah tersebut saya mencoba melakukan penelitian menggunakan fermentasi sawi sebagai penghasil bakteri antagonis yang dapat memperpanjang masa simpan antara 10 – 14 hari. Dari hasil fermentasi tersebut akan menghasilkan mikroba dan antimikroba, mikroba yang dihasilkan paling banyak pada fermentasi sawi adalah pada hari ke – 4. Semakin lama fermentasi maka jumlah mikroba akan menemukan titik puncak, lalu terjadi penurunan jumlah mikroba. Dan pada saat terjadi penurunan jumlah mikroba maka terjadi pula peningkatan jumlah antimikroba. Saya akan membandingkan manakah yang paling efektif antara mikroba dan antimikroba dalam memperpanjang masa simpan ikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: